VISI : TERBANGUNNYA TATA KELOLA PEMERINTAHAN DESA YANG BAIK DAN BERSIH GUNA MEWUJUBKAN MASYARAKAT DESA MUKTI MAKMUR TENTRAM, MAJU, MAKMUR, SEJAKTERA, BERMARTABAT

Artikel

Pengabdian KKN-PPM UGM 2019 di Desa Mukti Makmur

24 Oktober 2019 12:54:52  Admin  115 Kali Dibaca  Berita Desa

Pengabdian KKN-PPM UGM 2019 di Desa Mukti Makmur

KKN-PPM atau Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Universitas Gadjah Mada merupakan kegiatan dharma pengabdian untuk memperkokoh jati diri UGM sebagai universitas pancasila, universitas perjuangan, universitas kebudayaan, dan universitas kerakyatan. Kegiatan dharma pengabdian UGM bertujuan untuk mendorong kemandirian dan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan.

Tim KKN-PPM Subulussalam pada tahun ini adalah tim yang kedua menjadikan Subulussalam sebagai lokasi pengabdian setelah pada tahun 2018 telah diawali oleh 30 mahasiswa angkatan sebelumnya. Pada periode ini, KKN-PPM UGM di Kota Subulussalam terbagi menjadi empat sub unit dengan masing-masing sub unit tinggal di empat desa yang berbeda. Sub unit pertama di desa Tangga Besi, sub unit dua di desa Pegayo, sub unit tiga di desa Pasar Panjang, dan sub unit empat di desa Mukti Makmur. Pelaksanaan KKN-PPM UGM berlangsung selama 50 hari sejak tanggal 30 Juni 2019 sampai tanggal 18 Agustus 2019.

Fokus utama pada program-program yang dijalankan selama KKN-PPM UGM Kota Subulussalam periode ini yaitu  di bidang pendidikan. Pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat vital dan begitu berpengaruh terhadap kemajuan msyarakat. 30 mahasiswa dengan latar belakang keilmuan masing-masing diharapkan dapat memberikan sumbangsihnya kepada masyarakat Subulussalam dengan sebaik-baiknya.                         

Sub unit 4 terdiri dari 7 anggota yaitu Fina Safira Aulia dari Sastra Arab, Keanya Chairinnisa dari Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan, Azmi Azizah dari Gizi Kesehatan, Ipung dari Kartografi dan Penginderaan Jauh, Faishal Muhyiddin dari Teknik Elektro, Ryan Kurniahadi dari Teknik Geodesi, dan Akbar Indra Wijaya dari Psikologi bertempat di desa Mukti Makmur. Selama KKN-PPM UGM, mahasiswa putri tinggal di rumah qur’an ‘Abdullah bin ‘Abbas dan mahasiswa putra tinggal di sebuah rumah di samping Masjid Al-Muhajirin.

Program utama yang menjadi unggulan dari sub unit 4 selama mengabdi di desa Mukti Makmur yaitu mengajar anak TPA, pembuatan video profil desa, perlombaan panggung gembira, pembuatan peta untuk Puskesmas Bakal Buah, Science Expo untuk SMP, Pembuatan Website Desa, Penyuluhan Pencegahan Stunting, Faculty Roadshow untuk pengenalan dunia perkuliahan, Pembuatan label untuk industri rumahan, dan sensus BPJS.      

Beberapa agenda desa yang sempat tim KKN-PPM UGM ikut ramaikan adalah Pemilihan Ketua Karang Taruna, Wiridan Rutin, PKK dusun dan PKK desa, Posyandu dan Posbindu, Gotong Royong Desa, Pawai Takbiran Malam Idul Adha, Penyembelihan dan Pengolahan Daging Hewan Qurban, serta karnaval dan perlombaan di Hari Kemerdekaan RI.

Kebersamaan tim KKN-PPM UGM 2019 dengan warga Mukti Makmur tidak terasa sudah berlalu 50 hari. Semoga persaudaraan tetap terjaga dan program-program yang diberikan dapat memberikan manfaat yang besar untuk warga Mukti Makmur.

Faishal
24 Oktober 2019 14:42:31
Mantab.... Jangan lupa tonton video after movie kami di : https://youtu.be/u-foalfPOyM

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kampong

Peta Desa

Aparatur Kampong

Back Next

PERANGKAT BPK

JADWAL SHOLAT & IMSAK

  • Imsak: Imsak:
    Subuh: Subuh:
    Terbit: Terbit:
    Dhuha: Dhuha:
    Dzuhur: Dzuhur:
    Ashar: Ashar:
    Maghrib: Maghrib:
    Isya: Isya:

Layanan Mandiri

    Silakan datang atau hubungi operator Kampong untuk mendapatkan kode PIN Anda.

PERKIRAAN CUACA

Prakiraan Cuaca Hari Ini

Sinergi Program

SETORAN PAJAK ELEKTRONIK DJP Online JDIH Kota Subulussalam INDEK DESA MEMBANGUN (IDM)
Web SID Kemndes

Agenda

Galeri Vidio

Statistik Penduduk

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kampong


Kantor Desa
Alamat : Jl. Perangusan Dusun Sumber Ringin
Kampong : MUKTI MAKMUR
Kecamatan : Simpang Kiri
Kota : SUBULUSSALAM
Kodepos : 24782
Telepon : 082367203288
Email : muktimakmur90@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:35
    Kemarin:120
    Total Pengunjung:38.730
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.236.98.69
    Browser:Tidak ditemukan

AUDIO